Ilmu Yang Saya Dapatkan Dari Temu Bocah Kabupaten Probolinggo Tahun 2018


     


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah saya mendapat sedikit ilmu di acara Temu Bocah Kabupaten Probolinggo Tahun 2018.

Berikut saya coba bagikan kepada kalian:

Pelajaran ke-1


Anak-anak menurut UUD, berusia dari 0-18 tahun. Mereka mempunyai banyak hak. Untuk mudah diingat, hak-hak mereka dirangkum menjadi 4 hak saja, yaitu :

1. Hak hidup
2. Hak tumbuh kembang
3. Hak perlindungan
4. Hak partisipasi

Hak-hak mereka dilindungi oleh UUD, bisa dilaporkan jika ada yang menghalang-halangi kalian untuk mendapatkan hak-hak tersebut.

Tapi kita harus tahu diri. Kita tidak boleh memaksakan hak-hak kita tanpa memenuhi kewajiban. Jadi penuhi dulu kewajiban kita sebelum kita mengambil hak-hak kita. Oke!?

Pelajaran ke-2


Filosofi gelas keramik. Gelas keramik berasal dari tanah yang diproses dengan cara dibentuk sedemikian rupa, dibakar dengan suhu yang sangat panas dan kemudian jadilah gelas keramik yang berharga jual tinggi.

Maknanya, kalau kita ingin sukses, haruslah kita berproses terlebih dahulu, kita harus menghadapi segala rintangan yang ada.

Tidak ada jalan pintas. Berproses dulu, hadapi rintangan dulu, baru kita sukses.

Sama seperti gelas keramik, yang dulunya hanya sebuah tanah, kemudian berproses, dibentuk, diputar-putar, dibakar dengan suhu tinggi, kemudian jadilah dia gelas keramik yang bernilai jual tinggi. Paham kan?

Pelajaran ke-3


Ada sebuah cerita, yaitu tentang seorang anak perempuan yang punya masalah dengan ibunya.

 Mereka berdua ribut, sampai akhirnya sang anak memutuskan untuk pergi jauh dari rumah. Sang anak pun pergi dari rumah tanpa arah tanpa tujuan, lalu hujan turun di tengah perjalanan.

 Sang anak memilih untuk berteduh di sebuah warung. Kehadiran sang anak diketahui oleh pemilik warung. Lama-kelamaan pemilik warung menghampiri sang anak.

Pemilik warung tahu bahwa sang anak sedang kedinginan dan juga sedikit kelaparan. Dia pun memberikan sang anak seporsi mi kuah.

Sang anak pun dengan malu-malu menerimanya. Setelah ia makan, ia berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada sang pemilik warung. Seakan-akan ia tak henti-henti mengucapkan kata terima kasih kepada pemilik warung.

Pemilik warung bertanya kepada sang anak, tentang mau kemana dia hujan-hujan begini sendirian. Sang anak pun menjawab bahwa ia tidak punya tujuan, ia memberi tahu bahwa ia baru-bertengkar dengan ibunya, dan memilih untuk pergi dari rumah.

 Pemilik warung pun berkata pada anak tersebut, “Nak, Bapak baru memberi kamu mi kuah 1 porsi, tapi kamu berterima kasih sekali kepada Bapak. Coba ingat-ingat, berapa kali ibumu memberi kamu mi kuah, berapa kali ibumu memberi kamu makanan atau kejutan lain. Ibumu juga yang melahirkanmu dengan taruhan nyawa. Yang membesarkanmu hingga sekarang. Tapi kamu bertengkar dengannya hingga pergi dari rumah?”. Sang anak pun terdiam dengan malu.

Pesan moralnya apa?

Kadang-kadang kita menganggap orang yang baru kita kenal lebih baik dan lebih sayang kepada kita daripada seseorang yang sudah lama kita kenal.

Memang tidak sepenuhnya salah, tapi bisa jadi, seseorang yang lama kita  kenalah yang lebih baik atau lebih sayang kepada kita daripada orang yang baru kita kenal.

Pelajaran ke-4


Tips agar bayi sehat

1. Diberi ASI, bukan susu sapi hingga umur 2 tahun.
2. Ibu hamil sebaiknya makan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Pelajaran ke-5


Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa.

 Berikut ciri-ciri remaja :

1. Suka menjadi pusat perhatian

2. Mulai ada jarak dengan orang tua

Remaja biasanya lebih mendengarkan omongan temannya, meskipun itu salah. Daripada mendengarkan omongan orang tuanya, meskipun itu benar. Ya kan?

3. Lebih berani berbicara ketika bergerombol, daripada ketika sendiri.

Kenyataannya, banyak remaja yang koar-koar secara bergerombolan. Dan sangat jarang, bahkan tidak ada remaja yang koar-koar sendirian. Betul kan?

4. Punya rasa penasaran yang tinggi.

Pelajaran ke-6


Tips berinternet

1. Jangan pernah share kalau situasi di rumahmu kosong. karena bisa saja ada penjahat yang melihatnya, lalu memanfaatkan kekosongan rumahmu untuk bertindak kriminal.
Itu saja yang bisa saya bagikan.

2.Jangan pernah bagikan foto salah satu anggota tubuh pentingmu kepada orang lain. Contoh, maaf, payudara atau semacamnya.

Karena akan berdampak buruk, seperti : akan disebar luaskan ke media sosial, dipajang di situs dewasa, atau sebagainya.

Seperti kisah amanda Todd, yg pernah memberikan foto salah satu anggota tubuh pentingnya kpd orang yg baru dikenal, akibatnya amanda menemukan bagian tubuhnya beredar di media sosial.

Amanda sangat malu, sampai dijauhi oleh teman-temannya, pindah sekolah berkali-kali dan kemudian depresi berat.

Karenanya, ia selalu mengkonsumsi obat anti depresi hingga ia overdosis dan dirawat dirumah sakit .

Kemudian Amanda merasa hidupnya sudah tak berarti, tidak ada yg ingin berteman dengannya.

Hingga suatu hari amanda ditemukan bunuh diri di kamar nya setelah membuat vidio peringat bagi kita semua.
Bisa dicek di youtube. Cari dengan kata kunci Amanda Todd.

Mungkin itu saja. Maaf karena tidak bisa dibagikan semua. karena ada yang lupa. Maaf ya.

Oh iya, kalau kamu juga ingin tahu apa saja yang saya dapat di Temu Bocah Kabupaten Probolinggo Tahun 2018 selain ilmu, bisa klik disini.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih untuk :

Silmi Safara

2 komentar

  1. Infonya dapet banget bro.. tapi ada bedanya gak filosofi gelas keramik sama gelas" kaca Nia Daniaty :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelas kaca juga punya filosofi yang sama dengan gelas keramik. Gelas kaca juga harus berproses dulu agar bisa berubah dari kaca biasa menjadi gelas kaca. Eh kok agak belibet sih😂. Intinya itu lah bro. Terimakasih sudah berkunjung🙏

      Hapus


EmoticonEmoticon